MANFAAT MENGKOMSUMSI KEPITING

Manfaat Kepiting dan Cara Mengkonsumsi yang Sehat

Di Indonesia, kepiting terbilang makanan yang mewah, karena selain harganya mahal dan rasanya yang lezat, juga memiliki kandungan gizi yang melimpah, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Kepiting

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap kepiting dengan berat 100 gram, diketahui bahwa bagian tubuh yang bisa dikonsumsi hanya sekitar 45%. Meski cukup sedikit yang bisa dikonsumsi, namun kandungan gizinya sangat besar. Kandungan gizi yang terdapat pada kepiting tersebut diantaranya adalah :

manfaat kepiting

    Energy (151 kkal)
    Protein (13,8 gr)
    Lemak (3,8 gr)
    Karbohidrat (14,1 gr)
    Kalsium (210 gr)
    Fosfor (250 gr)
    Zat Besi ( 1 mg)
    Vitamin A (200 IU)
    Vitamin B1 (0,05 mg)
    Vitamin C (0 mg).

Selain itu, dalam jumlah kecil kepiting juga mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti Vitamin B12, Asam Lemak Omega 3, Mineral Selenium, Mineral Copper, Mineral Zinc, serta Lemak Jenuh.

Dengan kandungan gizi dan zat-zat yang bermanfaat tersebut, manfaat kepiting memiliki berbagai macam khasiat bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah

1. Meningkatkan Energi dan Stamina

Kandungan Vitamin B12 yang dapat memacu peningkatan metabolisme asam lemak dan asam amino. Ditambah kandungan proteinnya yang tinggi dan bermanfaat untuk mengatur metabolisme, membuat kepiting bermanfaat untuk meningkatkan stamina yang loyo.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Protein, Vitamin B12, dan Mineral Zinc pada kepiting juga berfungsi mempercepat penyembuhan luka. Protein pada kepiting dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, sedang Vitamin B12 dan Mineral Zinc membantu memproduksi sel-sel darah merah.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bagi yang khawatir terserang penyakit pada saat musim pancaroba, ada baiknya mencoba manfaat makanan laut dengan mengkonsumsi kepiting. Protein, Asam Lemak Omega 3, dan Mineral Selenium yang terkandung pada kepiting, semuanya memiliki khasiat untuk membentuk dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit kadiovaskular (jantung) dapat dicegah dengan kepiting, karena kandungan manfaat Omega 3 yang mampu menetlalisir kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam darah. Selain itu, kandungan Mineral Seleniumnya juga berguna dalam mencegah kerusakan sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas pemicu serangan jantung.

5. Mencerdaskan Otak

Sebagaimana diketahui Asam Lemak Omega 3 yang banyak terkandung pada manfaat susu juga terdapat pada kepiting dalam jumlah yang besar. Zat yang satu ini dikenal memiliki fungsi utama untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencerdaskan otak

Komentar